Pages

Sabtu, 17 April 2010

Kebudayaan Sunda

Kebudayaan Sunda, awalnya Sunda sudah ada dan sangat berperan bagi indonesia, tidak hanya Jawa, Sunda juga mempunyai suatu ciri khas baik kata, maupun yang lainnya. Sunda itu sendiri terkenal dengan kesopanannya dalam berbicara, bisa dibilang hampir mirip dengan orang Jawa. Alat musik khas dari orang Sunda itu salah satunya adalah Angklung dan Suling, alat musik itu mempunyai bentuk khas dan terbuat dari kayu.
Ada lagi tarian dari orang sunda yaitu Ronggeng, tarian yang penuh ke alusan para wanita terdahulu sering menarikan tarian Ronggeng tersebut, Seni tarian tersebut akhirnya berkembang mengikuti jaman hingga melewati dari panggung satu ke panggung yang lainnya.

Tarian tersebut sekarang lebih terkenal dengan tarian Jaipongan, Sunda juga mempunyai kebiasaan makan dengan sayur sayuran, dimana semua sayuran tersebut disatukan lalu dimakan, biasanya disebut dengan lalapan. Lalapan tersebut biasanya sebagai penambah ketika sedang memakan.
Kota Sunda yang terkenal ialah kota Bandung, banyak pendatang dari Jakarta dan sekitarnya datang ke Bandung, disana orang orang yang datang sebentar saja sudah bisa mempunyai logat Sunda yang halus lembut.
Sunda sendiri mempunyai ruang lingkup yang besar, untuk menelusurinya butuh waktu sama halnya dengan kebudayaan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa selalu berkomentar, karena komentar anda merupakan motivasi bagi saya..