Pages

Selasa, 17 November 2009

Kebudayaan

Pada akhirnya lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah menangani masalah kebudayaan, UNESCO, telah setuju bahwa batik itu warisan budaya bukan benda yang dihasilkan oleh Indonesia, negara kita ini, hebat yah .
Keberhasilan itu dilaporkan oleh Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie kepada Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor , Jawa Barat.
Lalu peresmian batik dari UNESCO itu terjadi pada hari jumat tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Untuk merayakan keberhasilan itu, Presiden SBY mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan pakaian batik demi penghargaan terhadap kebudayaan Indonesia .
Warisan budaya bukan benda tersebut merupakan satu dari tiga daftar yang dibuat di bawah Konvensi UNESCO 2003 tentang Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan. Sebenarnya sejak 2008, pemerintah telah melakukan penelitian lapangan serta ahli batik di 19 provinsi di Indonesia untuk menominasikan batik sebagai warisan budaya bukan benda kemanusiaan dari UNESCO.
Selanjutnya, marilah kita menjaga kebudayaan kita agar diakui oleh semua negara bahwa itu adalah kebudayaan asli Indonesia. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa selalu berkomentar, karena komentar anda merupakan motivasi bagi saya..